Review Toyota Kijang Innova

Kijang Innova 2019

Salah satu kendaraan paling legendaris di Indonesia adalah Toyota Kijang dan sampai saat ini sudah sekitar 40 tahun menemani keluarga Indonesia. Pertama kali muncul Toyota Kijang tampil dengan kotak di tahun 1970an, lalu Kijang Super, Kijang Grand Extra, Kijang Kapsul dan saat ini Kijang Innova yang menambah daftar varian mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) tanah air.

Kini Toyota meluncurkan versi terbaru dari Kijang Innova dengan membawa nama All New Kijang Innova. Label All New yang disematkan membuktikan bahwa Toyota melakukan banyak Upgrade. Di tahun 2013 memang Innova hadir dengan sedikit perubahan, namun kali ini Innova hadir dengan suasana baru yang lebih mewah, segar dan nyaman. cocok menjadi mobil keluarga.

Generasi terbaru Kijang Innova membawa banyak perubahan, dari eksterior, kabin sampai kedalam mesinnya. Sebagai mobil MPV premium, performanya tentu tidak perlu diragukan. Dari eksterior yang berkonsep Fascia membuatnya terlihat elegan, dimana lampu utamanya saat ini berbentuk persegi panjang dengan sudut tegas.

Perubahan paling besar memang dari tampilan luarnya, terutama pada bagian depan atau wajah yang memberikan kesan mewah. Garis-garis buritan Kijang Innova tampil dengan gaya baru dengan lampu belakang dan lampu rem yang makin modern.

Kijang Innova tersedia ke dalam dua pilihan mesin, Diesel 2.4L DOHC dan bensin 2.0L DOHC VVT-i, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam. Untuk fitur penunjangnya cukup lengkap, dari fitur keselamatan, kenyamanan dan keamanan. Seperti dual SRS Airbags, Side Impact Beam sampai ke kerangkanya yang bertipe Global Outsatanding Assesment Body yang memiliki keunggulan perlindungan menyeluruh dan stabilisasi dalam berkendara.

Eksterior Toyota Kijang Innova 2019

Tampilan luar Kijang Innova mengalami banyak perubahan dengan beberapa ubahan pada masing-masing sudutnya. Seperti pada lampu depannya yang terlihat tegas, modern dan dengan penempatan lampu heksagonal multireflektor yang tajam membuatnya tampak berkelas.

Pada grillnya, Kijang Innova tampak cukup besar dan dipadukan dengan frame bertingkat dengan aksen krom, sebuah perpaduan yang epik. Bumper depannya di desain sejalur dengan lampu kabut dengan bentuk minimalis. Bagian samping Innova sendiri tidak mengalami perubahan yang signifikan, sedikit lekukan dan cenderung boxy.

Perubahan yang terlihat dari sisi samping adalah pada desain kaca bagian belakang yang terlihat lebih tajam pada sisi atasnya. Beralih ke bagian belakang, terlihat lebih modern karena terdapat stoplamp rear combination dan terdapat sentuhan ornamen mewah seperti new back door garnish panel. Bumper belakangnya juga terlihat sporty dan memiliki spoiler.

Interior Toyota Kijang Innova 2019

Bagian Interior Kijang Innova 2019 juga mendapatkan pembaharuan dibandingkan dengan versi sebelumnya, dengan aura kelas premium yang khas. Melihat pada bagian dashboardnya, Toyota memberikan bentuk yang futuristik dengan aksen kayu pada beberapa bagiannya sehingga menguatkan kesan eksklusif dan mewah. Pemilihan materialnya pun juga bagus.

Kombinasi material premium dengan penataan panel pada kabinnya membuat Kijang Innova sangat atraktif, seperti penempatan panel instrumen dan kabin yang didominasi warna krem, mampu memberikan pemandangan yang menyejukkan mata. Dashboardnya sendiri terlihat minimalis dengan akses pada setiap panel yang mudah dijangkau.

Beberapa tipe Kijang Innova, tipe V M/T memiliki arm rest driver dan setir kemudi dengan aksen ornamen kayu yang membuatnya tampak mewah. Untuk tipe V dan Venturer, Anda akan mendapatkan banyak fitur modern yang ditata rapi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada Anda dan penumpang lainnya.

Beralih pada kursi penumpang, semuanya sudah dilengkapi dengan seatbelt untuk memberikan keselamatan kepada seluruh penumpangnya. Bagasinya pun juga cukup lapang untuk membawa banyak barang-barang Anda bersama keluarga selama perjalanan. Toyota juga memberikan luggage tray dan cargo net yang bisa Anda gunakan untuk sebagai tambahan bagasi.

Dimensi Toyota Kijang Innova 2019

Sebagai mobil keluarga yang bertahun-tahun menempati posisi teratas, Kijang Innova memiliki bagian-bagian unggulan sebagai nilai tambah. Dimensinya sendiri terbilang paling besar karena memiliki ukuran 4.585 mm x 1.775 mm. Dimensi tersebut cukup ideal sebagai mobil keluarga multi guna karena memiliki kabin yang ekstra lega. Selain ukuran yang pas, manuvernya juga sangat mantap, hal tersebut karena didukung dengan ground clearance yang tinggi dan suspensi terbaik sehingga memberikan kenyamanan kepada semua penumpangnya.

Pada suspensi bagian depannya, Kijang Innova memakai sistem suspensi double wishbone dengan pegas koil dan stabilizer. Untuk bagian belakangnya, memakai suspensi 4 link dengan pegas koil dan lateral rod. Suspensi tersebut pastinya akan memberikan kenyamanan ekstra kepada semua penumpang.

Pada sektor pengereman, Kijang Innova memakai rem cakram berventilasi untuk bagian depannya dan rem tromol untuk roda belakangnya. Untuk semua tipenya juga sudah diberikan teknologi pengereman tambahan seperti LSPV dan ABS, bukti bahwa Toyota benar-benar serius dalam memberikan pelayanan kepada seluruh konsumennya.

Untuk semakin menjamin stabilitas selama berkendara, Innova didukung electronic power steering yang menambah rasa nyaman sekaligus stabil. Pada bagian kaki-kakinya, Innova memakai velg R15 dibalut ban berukuran 205/65.

Mesin Dan Varian Kijang Innova 2019

Toyota menghadirkan dua varian mesin yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, mesin bensin 2.0L dan mesin diesel 2.4L. Mesin bensin dibekali dengan 4 silinder segaris 16 katup DOHC VVT-i berkapasitas 1998 cc yang mampu memuntahkan tenaga maksimal 136 Ps pada 5.600 RPM dengan torsi maksimal 18,6 KGM pada 4.000 RPM. Sebagai mobil kelas MPV mesin bensin 2.0L, power tersebut adalah yang paling besar di kelasnya.

Untuk mesin diesel, menggunakan tipe 4 silinder segaris 16 katup DOHC VVT-i 2494 cc yang merupakan mesin D-4D atau biasa disebut mesin diesel direct injection 4 langkah. Menggunakan suplai sistem bahan bakar common rail diesel, beda dengan diesel yang menggunakan EFI. Jenis common rail Innova adalah generasi kedua dari toyota dengan ciri-ciri memiliki tekanan bahan bakar sangat tinggi untuk mengontrol suplai bahan bakarnya.

Mesin tersebut mampu memberikan tenaga sebesar 102 Ps pada 3.600 RPM dan torsi sebesar 26,5 KGM pada 2600 RPM. Pada masing-masing mesinnya tersebut, semuanya sama-sama mampu memberikan tenaga power full dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Pada semua tipenya, Toyota juga menggunakan sistem electric power steering untuk mempermudah dalam pengendaliannya. Untuk sistem penggeraknya, 4 percepatan untuk transmisi manual dan 5 percepatan untuk automatic.

Fitur Kijang Innova 2019

Karena Kijang Innova hadir dalam beberapa pilihan tipe, pastinya memiliki perbedaan fitur pada setiap tipenya. Namun meski begitu, spesifikasi unggulan seperti kerangka global outstanding assement (GOA) yang memberikan perlindungan menyeluruh kepada semua penumpang sudah tersedia pada semua tipe.

Kemudian sistem keselamatan Innova sudah mendukung side impact beam, dual SRS airbags dan collapse steering column, force limiter dan new seatbelt dengan pretensioner untuk semua tipenya. Pada sistem penunjang kenyamanannya, terdapat fitur 2 DIN CD with MP3, AUX/USB, WMA players. Untuk kursi baris kedua, terdapat integrated rear blower air conditioner serta monitor 8 inch di bagian atap untuk tipe V, Q dan Venturer.

Pada tipe Venturer pun sudah dilengkapi shift position indicator dan automatic gate type transmision. Untuk keamanannya sendiri, Innova dilengkapi integrated key dengan Toyota auto alarm, power windows, wireless door lock dan power door lock. Untuk yang tipe G memiliki rear parking sensor yang akan membantu Anda saat hendak parkir. Fitur tambahan seperti corner sensor dan outher mirror with turning signal lamp hadir pada Innova tipe V.

Varian Dan Harga Kijang Innova 2019

Toyota Kijang Innova 2019 hadir dengan dua pilihan mesin, bensin dan diesel untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam. Baik yang menggunakan bensin atau mesin diesel semuanya tersedia ke dalam manual dan automatic. Untuk mesin bensin manual transmisi, tipe G 2000cc sebagai yang paling murah di bandrol dengan harga 326.190.000 dan tipe Venturer di bandrol dengan harga 425.950.000.

Untuk mesin bensin automatic, tipe G 2000cc di bandrol 346.590.000 sebagai yang paling murah dan 445.750.000 tipe Venturer, sebagai yang paling mahal. Beralih ke mesin diesel manual, tipe paling murahnya adalah G 2400cc di bandrol seharga 362.990.000 sampai 464.050.000 untuk tipe Venturer. Sedangkan pada mesin diesel automatic dari harga 383.190.000 tipe G 2400cc dan 483.950.000 untuk tipe Venturer.

Baca: Harga Mobil Toyota Terbaru 2019

Jika Anda berminat membawa pulang Kijang Innova 2019 ini, Anda bisa kredit mobil Toyota di showroom kami yang berada di Jl. Ringroad Selatan, Taman Tirto, Kasihan Bantul Yogyakarta. Atau Anda bisa langsung menghubungi saya untuk mendapatkan mobil impian Anda dengan kredit mobil di Nasmoco Jogja, aman mudah dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa kami bantu?