Nyaman Saat Macet Bersama Toyota

Deristoyotajogja.com – Liburan akhir tahun banyak dimanfaatkan para keluarga untuk menghabiskan waktu diluar atau travelling ke tempat wisata. Tidak heran jika tempat – tempat wisata dipadati oleh pengunjung dan macet total.

Jika sudah terjebak macet, tidak ada jalan lain selain menunggu. Nah untuk mempersiapkan mobil kala liburan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar mobil dalam kondisi yang baik saat terjebak macet sekali pun.

Hal pertama yang wajib jadi perhatian adalah kendaraan itu sendiri, kedua soal gaya mengemudikan kendaraan, dan terakhir adalah keadaan di dalam kabin.

Jika ingin liburan lancar, Anda harus perhatikan bahwa kendaraan harus dalam kondisi prima. Anda dapat melakukannya dengan pengecekan pada beberapa bagian. Bagian yang dapat Anda cek adalah radiator dan pendingin kabin.

Radiator yang berkerja normal mencegah terjadinya masalah pada mobil Anda saat terjebak macet. Sementara itu pendingin AC mobil bermanfaat untuk kenyamanan kabin agar suhu di dalam tak terpengaruh panasnya udara waktu macet.

Gaya Berkendara Saat Macet

Berikutnya yang Anda wajib perhatikan adalah gaya berkendara. Ketika Anda berkendara dalam jalan macet yang perlu dilakukan adalah mengurangi intensitas setengah kopling. Dengan begini kaki pengendara tidak cepat lelah. Ini juga tidak membuat kopling cepat panas dan aus.

Agar Anda tidak mudah kelelahan dan menghindari kopling yang cepat panas dan aus, Anda lebih baik menghindari penggunaan setengah kopling. Anda dapat melakukannya dengan menaga jarak hingga kendaraan di depan kita sudah agak jauh baru mulai berjalan perlahan. Ketika terjebak macet di jalan tanjakan, Anda lebih baik menggunakan rem tangan daripada menahan setengah kopling.

Ada baiknya Anda memposisikan transmisi ke netral saat berhenti. Ini bertujuan untuk menjaga pedal kopling dari kemungkinan dapat terlepas, jika saja pengendara lupa jika transmisinya dalam posisi aktif.

Pengguna Mobil Matic Toyota

Bagi Anda pengendara mobil matik, usahakan untuk tidak menempatkan transmisi di D. Karena posisi tersebut dapat membuat boros konsumsi bahan bakar.

Selain itu penting untuk anda selalu waspada terhadap pergerakan mobil yang ada di depan anda. Pada saat lalu lintas padat merayap, waspadai gerakan kendaraan di depan anda. Ada kemungkinan kendaraan di depan anda tiba-tiba berhenti. Jika anda sigap dan waspada, maka anda dapat menghindari terjadinya benturan dengan kendaraan di depan anda. Waspadai juga saat kondisi macet di jalan tanjakan. Ada kemungkinan kendaraan di depan anda bergerak mundur. Anda bisa menyalakan klakson untuk memperingatkan pengemudi di depan kendaraan.

Melihat gerakan kepala pengendara lain melalui jendela dan spion mereka adalah cara terbaik untuk mengantisipasi gerakan tiba-tiba . Kebanyakan pengendara tidak akan terjang kiri atau kanan tanpa terlebih dahulu memindahkan kepala mereka satu atau lain cara ( bahkan jika mereka tidak memeriksa spion mereka ).

Mengurangi intensitas setengah kopling juga menjadi tips penting bagi anda saat mengalami kemacetan. Biasanya saat mengemudi di jalanan yang ramai dan macet, pengendara memang mengemudi dengan merayap atau stop and go.

Tips berikutnya adalah dengan menggunakan Lampu Isyarat atau Sein. Selalu gunakan lampu sein untuk memberi isyarat pada pengemudi lainnya saat akan berpindah jalur, memotong atau berputar arah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa kami bantu?